Etika Tamu Undangan Pernikahan

Posted by on Oct 27, 2010 in Wedding Preparation | 3 comments

Tamu undangan pernikahan juga perlu mengenal etika. Membuka obrolan atau sekedar berbasa-basi pada pengantin mungkin diperlukan untuk menambah hangat suasana. Sekedar memuji indahnya dekorasi penrikahan, cantiknya gaun pengantin, dan lainnya. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya tidak perlu Anda ucapkan atau tanyakan pada sang pengantin.

Etika-Tamu-Undangan-Pernikahan

“Biaya pernikahan ini pasti mahal”
Siapa yang tidak senang saat seseorang memuji indahnya pesta pernikahan atau suksesnya sebuah acara. Namun ada baiknya untuk tidak menanyakan berapa jumlah uang yang dikeluarkan untuk sebuah pesta pada sang pengantin. Masalah “uang” memang menjadi hal yang “sensitif” untuk dibahas, terlebih jika Anda hanya sebagai tamu yang tidak memiliki hubungan dekat dengan si empunya hajat. Oleh karena itu, cukup nikmati peran Anda sebagai tamu undangan.

“Kapan punya momongan ?”
Masa-masa pacaran, orang-orang akan menanyakan kapan menikah. Setelah menikah, bersiaplah untuk menerima pertanyaan mengenai kehadiran momongan atau buah hati. Pertanyaan ini biasa muncul dalam lingkungan sosial, namun ada baiknya untuk tidak menanyakan masalah kapan memiliki anak pada sang pengantin di hari pernikahannya. Biarkan mereka yang menentukan kehidupan baru mereka.

Etika-Tamu-Undangan-Pernikahan

“Tidak percaya akhirnya kamu menikah juga….”
Anda memang mengenal baik sang pengantin, namun bukan berarti Anda berhak untuk membeberkan semua masa lalunya. Pernikahan merupakan awal dari kehidupan baru, oleh karena itu biarkan masa lalu di belakang dan jangan diungkap lagi kecuali oleh orang yang bersangkutan. Hindari menyinggung masa lalu sang pengantin yang mungkin memang “kelam”, terlebih di hari bahagianya.

Menggali Informasi Mengenai Vendor Pernikahan
Pesta pernikahan yang Anda kunjungi membuat Anda terpesona, baik itu dekorasi sampai makanannya. Namun jangan sekali-kali menanyakan siapa vendor dibalik indahnya pesta pernikahan ini pada sang pengantin di hari bahagianya. Tanyakanlah keesokan harinya setelah sang pengantin melewati hari besarnya. Anda juga bisa mencari tahu langsung pada kru vendor yang dapat Anda temui di pesta tersebut.

“Sekarang ini banyak sekali pasangan yang bercerai!”
Kehidupan setiap orang berbeda-beda. Walaupun banyak kabar yang memberitakan banyaknya perceraian bukan berarti masalah ini akan menimpa Anda atau yang lainnya. Sebagai tamu undangan pernikahan yang baik, berusahalah menjaga suasana hati sang pengantin, dengan hindari membahas mengenai masalah perceraian.

foto:berbagai sumber

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

3 Comments

  1. Wah, sungguh info yg berguna.

    [Reply]

  2. Wah betul itu.. paling benci kalo ditanyain seperti itu, apalagi pas hari H. Benar-benar tidak sopan, kecuali yang ditanya merasa tidak keberatan.

    [Reply]

    wedding belle team Reply:

    Iya, ya mudah – mudahan semua yang ditanya seperti ini tidak keberatan :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>