Pengantin Wanita dan Biaya Pernikahan

Posted by on Dec 28, 2010 in Wedding Preparation | 0 comments

Pengantin wanita biasanya menanggung biaya-biaya pernikahan, lebih besar dibandingkan sang pria. Namun, pembagian biaya pernikahan ini kembali lagi kepada kebiasaan dan adat masing-masing, serta kesepakatan kedua belah pihak.

Pengantin-Wanita-dan-Biaya-Pernikahan

Setiap suku memiliki adat pernikahan masing-masing, dan hal ini lah yang mempengaruhi pembagian biaya pernikahan. Misalnya, adat Minang yang memiliki tradisi bahwa biaya pernikahan ditanggung oleh pihak pengantin wanita. Sedangkan adat Cina dan Batak menganggang biaya pernikahan ditanggung pihak pria.

Sekali lagi, peraturan yang terdapat dalam adat masing-masing itu tidak sepenuhnya harus Anda taati. Semua kembali pada kesepakatan antara kedua belah pihak. Misalnya, jika kedua belah pihak sepakat akan menanggung biaya pesta pernikahan 50-50, maka jalani saja. Bicarakanlah mengenai kesepakatan ini sedari awal.

Pengantin-Wanita-dan-Biaya-Pernikahan

Untuk calon pengantin wanita yang bingung harus menanggung apa saja dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Berikut ini daftarnya :

• Akomodasi untuk para pengiring pengantin wanita yang datang dari luar kota.

• Pesta pertunangan (kalau ada).

• Busana, aksesoris, dan perlengkapan pengantin wanita.

• Check up kesehatan dan periksa darah.

• Biaya untuk upacara pernikahan, termasuk akad/gereja. Mulai dari penyewaan lokaso, dekorasi,makanan, minuman, hiburan, dan lainnya.

• Fotographer/dokumentasi.

Daftar di atas tidak selamanya harus “ditaati” oleh sang pengantin wanita, dan kembali lagi pada kesepakatan bersama untuk menanggung biaya pesta pernikahan. Untuk selanjutnya Belle akan membahas mengenai tanggungan pengantin pria.

Foto:berbagai sumber

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>